Selasa, 02 Februari 2010

Tips merawat rambut agar sehat dan indah


Rambut ibarat mahkota bagi para wanita sehingga harus dirawat dan dijaga sebaik mungkin, namun bukan hanya para wanita saja yang menganggap rambut sebagai mahkota namun kaum priapun berpendapat demikian, karena memiliki rambut yang sehat dan indah tentunya impian semua orang.

Dengan merawat rambut dengan baik dan benar maka rambut sehat bukan hanya impian. Rambut yang sehat juga dapat memperlambat proses timbulnya uban dan rontoknya rambut secara abnormal.

Berikut ini adalah tips agar rambut sehat :

1. Memelihara kadar minyak alami yang terdapat di kulit kepala
Kadar minyak yang berlebihan hanya akan menghambat saluran minyak menuju folikel. Sementara, kadar minyak alami yang terlalu sedikit akan menyebabkan kulit kepala menjadi terlalu kering. Jadi supaya kadar minyak kulit kepala tetap terjaga, sebaiknya mengetahui jenis shampo yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala.

2. Mencoba terapi pemijitan kulit kepala seperti hair spa atau creambath sebagai alternatif lain agar rambut lebih sehat
Terapi ini dipercaya dapat memperlambat proses timbulnya uban dan kerontokan rambut yang berlebihan. Terapi tradisional dengan bahan alami, seperti lidah buaya, merang, maupun ginseng juga sangat diperlukan dalam mencegah kerontokan.

3. Pola makan bergizi juga penting untuk menjamin pemenuhan gizi tepat untuk kesehatan rambut
Makanan bervitamin atau bergizi tak hanya dibutuhkan oleh tubuh, tetapi rambutpun membutuhkan nutrisi yang ada dalam makanan yang bergizi tersebut. Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat antara lain adalah protein, vitamin A, vitamin B kompleks (vitamin B2, vitamin B6, Vitamin B12, biotin, asam folat), zink, zat besi, copper, iodine, dan inositol.

Aneka vitamin dapat membantu menjaga kesuburan rambut, seperti halnya vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, vitamin B kompleks untuk melancarkan produksi minyak guna menjaga kesehatan dan kelembaban rambut dan yang terakhir jangan lupa untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk membantu proses penundaan kerusakan rambut.

Selamat mencoba semoga anda semua mendapatkan rambut yang sehat seperti yang anda dambakan.


0 komentar:

Posting Komentar